Tuesday , October 26 2021

Syarat Mendaki Gunung Lawu Via Cetho Saat Pandemi

Bagi seorang pendai mendaki gunung bukan sekedar hobi lagi bahkan bisa menjadi rutinitas yang bisa saja menghasilan penghasilan dengan membuat vlog, jual foto, menjadi potter atau yang lainya. Nah, sebelum mendaki gunung lawu yang menyuguhkan pemandangan yang elok dijalur pendakianya tentu seorang pendaki wajib mematuhi beberapa persyaratan di pos pendakian utama yaitu Cetho.

Informasi penting yang wajib diketahui oleh para pendaki yang akan mendaki Gunung Lawu jaur Canti Cetho saat pandemi bisa Anda baca di artikel ini. Berdasarkan keputusan yang kami kutip dari Dispora Kabupaten Karangnyar, bahwa pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu harus mememuhi beberapa persyaratan untuk menggapai puncak.

Gunung Lawu terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Baca Juga: Tips Mendaki Gunung Prau Bagi Pemula

Berdasarkan keputusan Dispora Karanganyar, terkait syarat mendaki gunung lawu telah dikeluarkan pada bulan juni 2020. Jalur yang dibuka saat pandemi yang dibuka jalur cemoro kandang dan candi cetho, namun hanya untuk warga Jateng saja dan bukan untuk kalangan luar daerah.

Syarat Pendakian Gunung Lawu Via Cetho

Nah, berikut adalah beberapa persyaratan yang wajib dipatuhi para pendaki saat pandemi berdsarkan keputusan Dispora setempat.

  1. Para pendaki wajib membawa masker minimal 2 pcs dan wajib dipakai di area basecame atau kawasan dusun cetho
  2. Pendaki wajib membawa handsenitiser mandiri. Pendaki harus membawa minimal 1 botol, saat berkelompok sejumlah 5 orang atau lebih berarti setiap orang wajib membawa satu handseniteser.
  3. Saat tiba di dusun Cetho para pendaki diwajibkan mencuci tangan
  4. Pihak basecame akan mengecek suhu tubuh, apabila melebihi suhu normal (37,5) maka pendaki akan dilarang mendaki.
  5. Pendaki wajib memenuhi alat dan safety (peralatan) seperti saat musim dingin wajib membawa jaket hangat, sleeping bad dan perlengkapan lain yang mengundung unsur keselamatan pendaki.
  6. Pendaki wajib memiliki fisik prima, jadi penadi pendaki tidak mempunyai gangguan kesehatan saat mendaki gunung lawu.

Demikianlah informasi mengenai syarat pendakian gunung lawu via cetho yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.