Tuesday , October 26 2021

3 Cara Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Uban adalah rambut yang berubah warna yang semula hitam menjadi abu-abu kemudian putih. Pada umumnya orang Indonesia mempunyai rambut yang berwana hitam atau gelap. Hal ini dikarenakan rambut orang Indonesia mempunyai kandungan kadar melanin yang lebih tinggi.

Pada saat rambut Anda mulai berubah warna menjadi putih dan menjadi uban, maka hal itu disebabkan sedang terjadi proses perubahan kadar melanin. Jadi apabila melanin berhenti diproduksi oleh sel-sel Anda maka rambut Anda akan mulai beruban.

Rambut beruban dapat terjadi kepada siapapun, baik itu lak–laki atau wanita, dan usia berapapun. Jika Anda masih berusia dibawah 30-an namun sudah muncul uban, maka itu disebut sebagai uban prematur. Terdapat beberapa penyebab tumbuhnya uban di usia muda, seperti stres dan genetika.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Jika Anda merasa terganggu dengan munculnya uban tersebut, berikut kami sampaikan beberapa cara alami untuk memperlambat proses tumbuhnya uban, sebagaimana dikutip dari Pink Villa.

1. Jus Bawang Merah

Selain mampu membuat rambut lembut dan halus, jus bawang merah ternyata juga dapat meningkatkan kualitas rambut secara drastis, dan juga bisa memperlambat proses penuaan.

Untuk mencegah rambut beruban dengan jus bawang merah adalah dengan mencampur sedikit jus bawang merah dengan lemon dan minyak zaitun, lalu pijatkan ini di kulit kepala Anda.

Hal tersebut tidak hanya akan menggelapkan rambut Anda dari waktu ke waktu, namun juga bisa membantu pertumbuhan rambut dan menambah kilau pada rambut Anda yang kusam dan kering.

2. Bubuk Amla

Amla diketahui mampu memperlambat proses tumbuhnya uban, selain itu amla juga dapat membantu mencegah rambut rontok, namun perlu Anda ketahui cara ini bukan solusi permanen.

Cara untuk perawatan rambut Amla yang sempurna dapat dilakukan dengan mencampurkan sedikit bedak dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan di malam hari. Kemudian biarkan rambut Anda menyerap semua nutrisi dan bersihkan di esok harinya. Untuk hasil maksimal lakukan metode ini selama seminggu sekali.

3. Minyak Urang-aring

Minyak urang-aring atau yang juga dikenal dengan bringhraj ini dipercayai mampu bekerja secara efektif untuk melawan pertumbuhan uban. Pewarna hitam yang diperoleh dari sari bhingraj ini bekerja lebih maksimal apabila dicampur dengan minyak panas, kemudian dipijat pada kulit kepala. Untuk hasil terbaik, diamkan selama satu jam sebelum dicuci.