Tuesday , October 26 2021
Cara Mendidik Anak Dalam Mengelola Keuangan

Cara Mendidik Anak Dalam Mengelola Keuangan

Bagi orang tua yang mempunyai anak suka menabung atau mempunyai tabungan sendiri merupakan sebuah kebahagiaan. Namun ada beberapa orangtua yang kesulitan untuk mengajarkan bagaimana cara mengelola keuangan yang baik pada anak.

Mengajari anak untuk menabung adalah hal yang positif yang fungsinya digunakan untuk masa depan, hal darurat atau untuk membeli suatu barang yang diinginkan. Mengajarkan menabung sejak dini perlu ditanamkan oleh setiap orang tua guna masa depanya.

Cara cara mengelola keuangan anak sejak dini

Berikut adalah cara jitu mengajarkan anak mengatur dan mengelola keuangan sejak dini.

1. Beri tahu dari mana uang berasal

Tips mengajarkan anak mengatur keuangan yang pertama yaitu ajarkan dari mana uang itu berasal. Banyak anak yang belum memahami bahwa orang tua dapat membeli barang untuk anaknya atau mendapatkan sesuatu tersebut dengan bekerja. Kebanyakan anak ketika ditanya dari mana uang berasal pasti menjawab dari ayah, ibu, bank, orang kaya atau presiden.

Dari jawaban diatas orang tua wajib memberikan pemahaman bahwa untuk hasilkan uang adalah dengan bekerja. Anda bisa memberikan edukasi jika ingin mendapatkan uang yang adalah dengan melakukan suatu pekerjaan. Latihlah cara mendapatkan uang tersebut untuk membantu pekerjaan rumah yang ringan seperti membuat kue dan menjualnya ke orang lain atau ajari anak cara menjual pakaian di pasar.

2. Permainan jual beli

Cara paling mudah mengajari anak supaya bisa belajar bagaimana cara mendapatkan atau menghasilkan uang, cobalah untuk memberikan edukasi dengan cara membuat permainan jual beli dalam toko atau pasar. Buat label pada barang yang dijual, berikan uang si kecil untuk belanja dan berpura-pura adanya transaksi jual beli.

Jadikan anak kasir dan berikan pelajaran bagaimana menghitung uang dan modal yang diberikan. Ketika anak sudah mulah paham dan mengerti bagaimana cara bertransaksi dan menghitung ajaklah mulai magang di toko anda atau belanja di toko sebenarnya.

3. Buat tabungan

Cara selanjutnya untuk mengajarkan anak mengelola keuangan adalah dengan membuat tabungan. Caranya dengan menyisihkan uang jajan atau dengan memberikan uang lebih supaya bisa ditabung. Ketika uang sudah mulai terkumpul kita ajak anak ke bank atau lembaga keuangan untuk menabungnya.

Edukasi kepada anak supaya menyimpan uangnya untuk masa depanya atau ambil beberapa untuk keperluan yang dibutuhkan saat itu saja. Pertanyaan simpel yang bisa diajukan seperti alasan kenapa menabung dan kenapa uang diambil.

4. Biasakan menyisihkan uang

Belikan celengan untuk tabungan supaya anak gemar menyisihkan uang dan menabung untuk membeli barang yang ia inginkan.

Motivasi supaya anak suka menabung, berikan reward ketika mampu menabung akan mendapatkan barang kesukaannya. Dengan begitu anak akan benar-benar termotivasi dan terkontrol dengan baik.

5. Kenalkan kebutuhan dan keinginan

Ketika anak ingin membeli mainan atau sesuatu yang di inginkan inilah waktu yang tepat untuk memberikan edukasi mengenai barang yang ingin ia beli merupakan kebutuhan atau keinginan.

Ajarkan bahwa kebutuhan adalah sesuatu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum dan tempat tinggal. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang ingin ia miliki.