Tuesday , October 26 2021
Cara Jitu Mengajari Anak Belajar Berhitung

Cara Jitu Mengajari Anak Belajar Berhitung

Selain membaca dan menulis, berhitung juga merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap anak. Maka dari itu orang tua harus sedini mungkin mengajarkan anak-anaknya untuk dapat menghitung dengan baik dan benar.

Mengajari anak berhitung bisa dikatakan gampang-gampang susah, tergantung anda sabar atau tidak dalam mengajari si buah hati. Meskipun setiap tidak semua akan pandai matematika, namun berhitung sangat diperlukan.

Orang tua harus mengajari anak belajar berhitung dengan benar, cara mengajarinya mungkin sama dengan cara mengajari anak membaca dan menulis. Namun dalam hal berhitung ini orang tua diwajib kan untuk ekstra sabar, mungkin berhitung akan sedikit sulit untuk anak karena mungkin diperlukan berpikir dan fokus yang tinggi.

Cara Mengajari Anak Belajar Berhitung

Dimasa yang teknologi semakin berkembang ini mengajari anak belajar berhitung bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Di bawah ini telah kami hadirkan beberapa cara mengajari si kecil belajar berhitung yang kami ambil dari berbagai web resmi.

1. Mengenalkan Angka

Jangan pernah sesekali mengajari anak anda dengan cara menghafal, karena berhitung dengan cara menghafal atau mengingat justru kelak anak menimbulkan masalah pada ana itu sendiri. Maka dari ajarilah si kecil itu dengan konsep berhitung yang tepat pada anak sejak dini, salah satunya dengan contoh menghitung kancing baju, menghitung motor diparkiran, menghitung jari dan sebagainya.

2. Memberikan Contoh

Buatlah kegiatan belajar menghitung menjadi sesuatu yang menyenangkan. Hal itu akan membuat anak akan semakin tertarik untuk mengikuti belajar berhitung. Dalam mengajari anak dalam berhitung tidak perlu menulis atau menunjukan angka-angka pada anak. Sebaiknya berikan contoh yang real object sesuai dengan yang disukai anak.

Misalnya mainan atau boneka dengan cara ambil 3 mainan atau boneka diatas meja lalu minta anak untuk menghitung, lalu ditambah lagi 3 mainan atau boneka lagi, kemudian minta anak menghitung dan menjumlahnya secara keseluruhan. Hal tersebut juga bisa dilakukan untuk pengurangan, dengan cara yang sama tentunya.

3. Hindari Memaksa Anak Untuk Belajar

Memaksa anak untuk belajar tentu bukan hal baik, mungkin saja bisa namun hal itu tidak akan baik untuk si anak itu sendiri. Ajarkan anak sesuai dengan tahap perkembangan dan tahap belajarnya, jangan sampai berburu-buru atau pun memaksanya. Belajar cepat belom tentu tepat, lebih baik mengajak si buah hati berlajar dengan hal-hal yang menyenangkan, tentu itu tidak akan membuat si anak tertekan dan terlalu berpikir keras.

Demikian tadi beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengajari anak belajar menulis dengan cepat dan tepat. Simak juga ulasan lainya mengenai parenting yang tentunya hanya dilaman ini, semoga bermanfaat.