Tuesday , October 26 2021
Cara Mengatasi Bunyi Tek Tek Mesin Motor

Cara Mengatasi Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Motor

Deteksi kerusakan pada motor berdasarkan dari bunyi yang dihasilkan pada mesin. Mengetahui permasalahan usahakan motor seperti bunyi tek tek memang diperlukan keahlian khusus.

Jika kendaraan normal suara mesin akan terdengar normal juga. Namun, jika kendaraan na terdengar suara yang tidak nyaman seperti tek-tek, tok-tok Ada mesin hal ini memerlukan perhatian khusus seperti melakukan servis rutin.

Ada dua jenis motor yang bekerja berdasarkan siklus. Pertama motor 2 tak, mesin motor ini bekerja menghasilkan 1 kali tenaga atau energi dan memerlukan dua kali gerak naik turun piston dan 1 kali putaran poros engkol atau kruk as.

Kedua,motor 4 tak mempunyai kerja mesin menghasilkan 1 kali tenaga yang memerlukan 4 kali gerak naik turun piston dan 2 kali putaran poros engkol dan 1 kali putaran noken as.

Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Motor

Untuk Anda yang mengambil jurusan otomotif dan saat ini sedang mengalami masa maka perlu belajar juga bagian-bagian mesin yang sering mengalami penyebab berisik mesin pada motor.

1. Klep

Suara tik-tik atau tuk-tuk yang muncul dari mesin stasioner menandakan bahwa bagian katup renggang atau kendo. Hal ini karena piano klep atau rocker arm memukul kepala katup. Ketika bunyi semakin mengeras saat putaran gas ditinggikan maka masalah berkatup mulai melemah dan menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat

Masalah motor pada rantai akan muncul suara bisa ditimbulkan pada rantai yang kendor seperti bunyi tok tok. Ketika pantai tank yang kondisinya terlalu kencang hal ini mengakibatkan bunyi seperti dengungan. Suara seperti seks seks terus menerus biasanya fire atau rantai ketengnya minta segera diganti.

Konsultasikan hal ini juga ke mekanik sebelum mengganti rantai yang lama dengan yang baru. Ketika rantai normal maka anda berkendara suka terasa nyaman. Tidak akan muncul suara bising atau bunyi suling yang ditimbulkan dari rantai kamprat.

3. Tensioner Rantai Sentrik

Fungsi tension berguna untuk menjaga kekencangan rantai sentrik. Rantai kekencangan kendur kencang pasti berpengaruh pada putaran mesin. Ketika permasalahan ini dibiarkan dapat memberikan dampak kinerja motor tidak berjalan secara optimal sehingga menimbulkan suara tek-tek yang membuat Anda risih.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah mengkonsultasikan ke mekanik untuk mengganti tensioner yang baru.